ELEMEN DESAIN UNTUK CARPORT ANDA

Sebagai bagian rumah yang terletak di depan, carport secara tidak langsung juga berfungsi sebagai elemen fasade yang dapat menambah kecantikan sebuah hunian. Carport sejatinya merupakan bagian dari garasi rumah. Namun, karena keterbatasan lahan, tidak semua pemilik rumah punya lahan yang cukup untuk membangun garasi. Alhasil, ruang garasi pun harus berpindah ke halaman depan.
Dalam mendesain carport, yang tidak boleh dilupakan adalah bentuk atau atapnya. Ada beragam bentuk diantaranya pola grid yang berkesan melayang, ada juga yang memakai atap dengan sistem cantilever atau dengan sistem atap berkabel. Ada pula metode lain yakni membuat atap unik dari rangka besi untuk “melindungi” carport, dimana bagian atasnya bisa Anda hias dengan tanaman merambat agar tampak lebih cantik.

Elemen lantai juga butuh diperhatikan untuk menambah keindahan tampilan eksterior hunian. Sebaiknya carport dibuat serasi dengan desain rumah secara keseluruhan, seperti padu padan warna yang diterapkan. Anda bisa memadukan warna-warna yang kontras, warna netral, ataupun warna alam. Warna tersebut dapat Anda peroleh dari cat yang diaplikasikan pada material pembentuk carport atau bisa juga warna-warna tersebut berasal dari material itu sendiri. Berikutnya yang perlu juga untuk diperhatikan adalah desain atau pola carport. Anda bisa membuat carport dengan desain yang kreatif. Apalagi bahan material pembuat carport sangat mudah ditemukan. Setelah anda menentukan material lantai yang dipilih maka jangan lupa membuat pola penataan bahan lantai tadi. Selamat mencoba!