TIPS MEMBANGUN RUMAH SECARA BERTAHAP


   Sebagian orang pernah menghadapi kendala dalam mewujudkan rumah impian mereka, baik finansial atau non finansial. Salah satu metode penyelesaiannya adalah dengan melakukan pembangunan secara bertahap, baik secara vertikal maupun horizontal. Hal ini kemudian dikenal dengan konsep Rumah Tumbuh. Sebenarnya rumah tumbuh adalah istilah untuk pembangunan rumah yang dilakukan secara bertahap yang terencana secara matang dari awal sesuai dengan dana yang tersedia.
  • Pembangunan bertahap secara vertikal 
Biasanya ini dilakukan lantaran lahan yang sempit, sedangkan kebutuhan ruang banyak. Sehingga tak ada jalan lain selain membangun ke atas. Dengan pembangunan bertahap ini, dana awal diperlukan lebih besar karena butuh persiapan struktur bangunan untuk rumah bertingkat. Meski pelaksanaannya lantai atas akan dilakukan kemudian.
  • Pembangunan bertahap secara horizontal
Umumnya dilakukan pada lahan yang cukup luas,sehingga masih banyak area kosong untuk mengembangkan sesuai kebutuhan nantinya. Biaya yang diperlukan akan lebih murah dan lebih mudah pelaksanaannya karena struktur pembangunan diperuntukkan untuk rumah tidak bertingkat.

Dalam pembangunan rumah tumbuh ada beberapa hal yang harus diperhatikan baik dari sisi arsitektural  maupun dari sisi struktural sesuai dengan perencanaan yang dimaksud. Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk membangun rumah tumbuh: 
  • Tentukan besaran dana yang akan digunakan
  • Konsultasikan/rancang rumah anda dalam design yang utuh sesuai dengan keinginan
  • Pilah-pilah bagian mana yang akan menjadi prioritas untuk lebih dulu dibangun
  • Tentukan pola pembangunan/tahapan dalam pengerjaan sehingga tidak perlu adanya pekerjaan bongkar pasang dalam kelanjutan pembangunan di tahap selanjutnya
Baiklah demikian sedikit uraian dari rumah tumbuh semoga bisa menjadi solusi bagi pemilik rumah yang ingin mengembangan rumah dengan dana terbatas.